Cegukan Janin Dalam Kandungan

dr Yason on

Selama kehamilan, bumil mungkin merasakan sentakan halus dari dalam perut, dan tidak jarang bumil khawatir apakah janin nya baik – baik saja. Bayi dalam kandungan memang bisa mengalami cegukan, hal ini bisa menandakan kondisi baik – baik saja hingga tanda sebuah kelainan.

Cegukan janin biasanya mulai dirasakan bunda mulai pada trimester ke 2, dan biasanya, ini tidak menggambarkan sebuah kelainan. Berdasarkan literatur, bahkan dikatakan cegukan adalah periode dari proses pematangan paru, dan tentu saja ini bagian normal dari kehamilan.

Perut Berkedut Tanda Kehamilan ?

Pada perut kita, juga teradapat pembuluh darah besar yang bisa berkedut apabila tertekan, seperti apabila kekenyangan, tidur tengkurap dengan posisi menindih perut, saat menekan perut, dan terkadang membuat waswas juga gembira menyangka ini adalah tanda kehamilan. Namun, sebenarnya perut berkedut bisa dirasakan siapapun bahkan laki – laki, apabila pembuluh darah di perut tertekan.

Bagaimana Membedakan Cegukan dan Tendangan ?

Tendangan janin biasanya lebih keras, terkadang bisa menimbulkan sakit perut dan dipengaruhi oleh perubahan posisi bunda. Jika Bunda ingin tahu apakah ini tendangan atau bukan, maka cobalah untuk mengubah posisi, apabila sentakan berhenti, maka kemungkinan adalah tendangan janin.

Cegukan Tanda Bahaya ?

Biasanya, cegukan dicurigai sebagai tanda bahaya, apabila cegukan tidak berhenti – henti seharian atau lebih sering dari biasanya, atau bahkan sangat berbahaya apabila malah terjadi penurunan gerakan janin (janin jarang bergerak).

Kondisi janin sering berkedut bisa menandakan:

  1. Peningkatan denyut nadi janin
  2. Peningkatan tekanan darah janin
  3. Kekurangan oksigen pada janin
  4. Kerusakan otak
  5. Kematian janin – apabila gerakan janin sampai berkurang bahkan berhenti

Nah, tentu saja untuk memastikan kondisi janin baik – baik saja, Bunda sebaiknya tetap kontrol ke dokter spesialis kandungan ya. Tentu melakukan Non Invasive Prenatal Test (NIPT) juga dapat membuat anda lebih mudah untuk mengetahui kondisi janin anda pada masa kehamilan 10 minggu pertama, serta jangan lupa mengonsumsi vitamin – vitamin selama kehamilan, serta menjaga pola makan agar selalu bersih, matang dan bergizi.

Tetap jaga protokol dengan menerapkan 3M dan jangan bepergian jika tidak mendesak.

Pages