Penyintas COVID: Perlu Periksa Darah ?

dr. Cindy on

Penyintas COVID19 sering dihadapkan dengan berita pengentalan darah dan tidak asing dengan istilah D – Dimer.

D- Dimer adalah hasil pemecahan bekuan darah, yang artinya kalau terdeteksi lebih dari nilai seharusnya, pasien memiliki gangguan pembekuan darah atau bias juga karena adanya luka pada pembuluh darah sehingga tubuh membentuk sistem pembekuan darah ini.

Pasien Covid19 memiliki profil darah yang cenderung lebih kental (mengental), ini akan menyebabkan kenaikan kadar D- Dimer yang terdeteksi saat pemeriksaan darah.

 

Namun, apa pentingnya dan apa bahayanya ?

Jika D – Dimer terlalu tinggi, yang artinya kekentalan darah sudah melebihi batas wajar, bisa menyebabkan sumbatan pembuluh darah. Sumbatan ini bisa terjadi di mana saja, terutama pembuluh darah kecil. Apabila sumbatan ini terlepas dan ikut aliran darah kemudian menyumbat pembuluh darah besar, bisa mengakibatkan hal yang lebih fatal, misalnya di otak, bisa menyebabkan stroke, di jantung bisa menyebabkan serangan jantung, atau di kaki, bisa menyebabkan PAD (Peripheral Artery Disease) dan masih banyak lokasi lain yang juga bisa menjadi lokasi penyumbatan.

Sayangnya, hal ini sering tidak bergejala sampai benar – benar sudah terjadi penyumbatan dan pasien sudah dalam kondisi tidak berdaya.

 

Selain D- Dimer dan masalah pengentalan darah, COVID19 bisa menyerang berbagai sistem organ tubuh manusia, termasuk liver, ginjal, paru dan sistem lainnya. Inilah mengapa, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lengkap yang juga mencakup pemeriksaan terhadap organ – organ tubuh tersebut.

 

Tentu kita mengenal istilah mencegah lebih baik daripada mengobati, dan memang hasil pengobatan akan jauh lebih baik jika dilakukan pada tahap pencegahan. Inilah mengapa penting untuk pemeriksaan lab darah, terlebih bagi penyintas.

 

Genetics juga telah menyediakan paket pemeriksaan darah bagi penyintas COVID19. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi kesehatan pasca terinfeksi COVID19 dan juga memudahkan dokter untuk mengambil keputusan yang tepat, untuk pengobatan lebih lanjut.

Pages