Bolehkah Bumil Ikut Vaksin Covid19 ?

dr. Cindy on

Vaksinasi Covid19 telah dimulai, diawali dengan Presiden Republik Indonesia sebagai peserta vaksinasi nomor 1, diikuti dengan influencer dan juga dokter serta tenaga medis. Berbarengan dengan jadwal vaksinasi, juga banyak beredar hoax serta pertanyaan – pertanyaan seputar vaksinasi, salah satunya adalah apakah ibu hamil boleh ikut vaksinasi.

Saat ini, Indonesia masih melakukan vaksinasi dengan vaksin Sinovac, dan vaksin Sinovac ini belum dapat dilakukan untuk ibu hamil.

Mengapa ?

Alasannya, bukan karena vaksin ini membahayakan bumil, melainkan saat tahap penelitian uji vaksin, kelompok ibu hamil tidak dilibatkan untuk diuji, sehingga belum diketahui apakah aman untuk ibu hamil atau tidak.

Jadi, untuk keamanan bersama, pemerintah belum menganjurkan ibu hamil untuk ikut divaksin, dibutuhkan penelitian lebih lanjut sampai mendapatkan hasil, bahwa ibu hamil boleh dan aman untuk divaksin.

Lantas apa yang bisa dilakukan bumil ?

Upayakan menjaga kesehatan semaksimal mungkin, dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Tetap menerapkan 3M di lingkungan kerja dan lingkungan luar rumah
  2. Istirahat cukup, minimal 6 jam sehari
  3. Makan bergizi, perbanyak sayur dan buah – buahan
  4. Mengonsumsi suplemen vitamin C, vitamin D, dan suplemen kehamilan
  5. Olahraga rutin minimal 15 menit sehari
  6. Berjemur minimal 15 menit, sebelum jam 11 pagi
  7. Kontrol rutin ke dokter spesialis kandungan, dan lakukan test NIPT untuk memastikan perkembangan janin dalam tahap baik

Apabila bumil mengalami batuk, pilek, nyeri menelan atau sampai kehilangan indera penciuman dan perasa, jangan ragu dan jangan takut, segera periksakan ke Dokter terdekat.

Pages