Kulit Kering Saat Hamil

dr. Cindy on

Saat masa kehamilan, kulit bumil akan menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami masalah kesehatan, dimulai dari jerawatan pada wajah, jerawat punggung, bisulan, gatal pada perut, adanya stretchmark, dan juga kulit kering. Pada kesempatan ini, kita akan bahas masalah kulit kering selama kehamilan.

Selain karena kehamilan, kulit kering pada bumil sebenarnya juga bisa terjadi karena dehidrasi atau kekurangan cairan, kepanasan (bumil sering kepanasan dan berkeringat), aktivitas padat, kelelahan, kurang asupan buah dan sayuran.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh bumil, seperti

  • Perbanyak minum air putih, karena air putih memang baik untuk kesehatan, di antaranya menjaga performa tetap optimal, memberikan kesegaran, membantu ginjal dalam menjalankan fungsinya, mencegah infeksi saluran kencing dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian.
  • Perbanyak asupan buah dan sayuran, terutama buah yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, lemon, kiwi, manga, stoberi, dan pastikan mengonsumsi buah yang matang serta bersih.
  • Gunakan pelembab atau sunblock (tabir surya)
  • Mandi air hangat

Apabila Bumil berada di lingkungan yang panas, aktivitas padat, nah… biasanya bumil akan lebih sering berkeringat, jika dalam kondisi yang demikian, bumil perlu meminum air lebih banyak dan juga menggunakan tabir surya ya.

Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan selama pandemi ini berlangsung, hindari kerumunan, hindari bepergian jika tidak mendesak, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum cuci tangan dengan sabun dengan benar dan tetaplah sehat ;)

Pages