Vaksin Pfizer: Apa yang Perlu Diketahui?

dr Yason on

Baru-baru ini Indonesia kedatangan vaksin covid 19 dari Amerika yaitu Pfizer. Vaksin ini diberikan ke masyarakan umum secara gratis pada tahap awal ini. Penggunaan vaksin ini juga sudah mendapatkan persetujuan untuk dipakai dari BPOM pada bulan Juli 2021. Lalu pastinya banyak sekali masyarakat yang bertanya mengenai vaksin ini karena baru pertama kali digunakan di Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini ya.

Vaksin Pfizer sudah dinyatakan aman dan efektif oleh WHO. Vaksin Pfizer dibuat atau berbasis dari messenger RNA (Mrna) dimana nantinya mRNA ini akan mengintruksikan sel tubuh kita untuk menghasilkan suatu protein yang akan memicu terbentuknya antibodi dalam tubuh kita. Setelah proses tersebut selesai, mRNA tersebut akan dihancurkan dan dihilangkan dari tubuh kita. Dan jangan khawatir ya karena vaksin jenis ini merupakan tipe vaksin yang telah diteliti sejak lama oleh ilmuwan dan berguna untuk mencegah penyakit yang infeksius.

Bagaimana efikasi dari vaksin Pfizer?

Menurut uji klinis dalam skala besar, vaksin ini mempunyai efikasi yang sangat tinggi terhadap covid 19. Pada golongan usia 12-15 tahun, vaksin ini mempunyai efikasi sebesar 100%. Sementara pada golongan usia yang di atas 16 tahun, vaksin Pfizer mempunyai efikasi sebesar 95,5%.  Menurut SAGE, vaksin Pfizer juga mempunyai efikasi yang sangat tinggi terhadap virus corona varian terbaru yaitu delta.

Berapa kali suntikan yang diperlukan?

Vaksin Pfizer diberikan sebanyak 2 kali injeksi. Nantinya, Anda akan dianjurkan untuk mendapatkan suntikan kedua dengan interval selama 3 minggu setelah mendapatkan suntikan vaksin pertama.

Apakah vaksin ini dapat mencegah penularan?

Sejauh ini belum ada data mengenai efek vaksin pfizer untuk pencegahan penularan virus corona, tetapi vaksin ini terbukti meringankan gejala pada penderita covid 19. Jadi jangan lupa ya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan meskipun Anda sudah divaksin.

Siapa saja yang tidak direkomendasikan menerima vaksin Pfizer?

Menurut WHO, orang yang memiliki riwayat alergi berat terhadap komponen vaksin, tidak diperkenankan untuk menerima vaksin. Selain itu, sejauh ini belum ada data mengenai efikasi ataupun keamanan dari vaksin ini pada anak berusia di bawah 12 tahun, sehingga disarankan untuk menunggu sampai sudah dilakukan penelitian terlebih dahulu ya bagi anak di bawah 12 tahun.

Lalu apa saja efek samping vaksin ini?

Sejauh ini, reaksi yang timbul setelah vaksin Pfizer adalah reaksi yang ringan seperti:

  • Demam
  • Menggigil
  • Nyeri otot
  • Nyeri pada bekas suntikan, bengkak, atau merah
  • Letih atau kelelahan
  • Nyeri kepala

Namun jika Anda mengalami reaksi anafilaktik atau suatu reaksi alergi yang berat seperti sesak, bentol-bentol atau ruam kulit, mual muntah, segera ke fasilitas kesehatan terdekat ya untuk ditangani segera.

Pages